Masitoh, Euis and Ramdhan, Billyardi and Nuranti, Gina (2021) PROFIL KETERAMPILAN NON-KOGNITIF ESSENTIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING BERBANTUKAN MEDIA VIRTUAL LABORATORIUM. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 11 (1). pp. 10-17. ISSN 2621-9166
Text
429 Download (34kB) |
Abstract
Pembelajaran daring selama pandemic covid-19 kurang efektif, motivasi belajar siswa menurun karena keterbatasan guru dan peserta didik dalam menguasai media pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan non-kognitif essential siswa SMP yang berupa motivasi intrinsic dan self-efficacy pada pembelajaran daring berbantukan media virtual laboratorium berbasis android. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan instrument angket pernyataan skala likert pada 5 skala jawaban. Pernyataan berjumlah 10 pernyataan untuk motivasi intrinsic dan 15 pernyataan untuk self-efficacy. Kuesioner diberikan kepada siswa setelah melaksanakan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah menggunakan media virtual laboratorium. Subject penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kadudampit yang diambil 30 siswa sebagai sample. Hasil penelitian menunjukkan persentase skor siswa untuk motivasi intrinsic dalam pembelajaran IPA adalah 74,80 % dengan kriteria baik, serta persentase skor self-efficaccy dalam pembelajaran IPA adalah 75,18 % dengan kriteria baik. Dari data tersebut dapat disimpulkan keterampilan non-kognitif essential siswa dalam pembelajaran daring IPA pada materi sistem peredaran darah manusia menggunakan media virtual laboratorium termasuk dalam kriteria baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketrampilan Non-kognitif Essential, Pembelajaran daring, Virtual laboratorium |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 07:48 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 07:48 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2485 |
Actions (login required)
View Item |