Profil Keterampilan Non-Kognitif Essential Siswa Dalam Pembelajaran Daring Berbantukan Media Virtual Laboratorium

  • Euis Masitoh Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Billyardi Ramdhan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Gina Nuranti Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Pembelajaran daring selama pandemic covid-19 kurang efektif, motivasi belajar siswa menurun karena keterbatasan guru dan peserta didik dalam menguasai media pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan non-kognitif essential siswa SMP yang berupa motivasi intrinsic dan self-efficacy pada pembelajaran daring berbantukan media virtual laboratorium berbasis android. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan instrument angket  pernyataan skala likert pada 5 skala jawaban. Pernyataan berjumlah 10 pernyataan untuk  motivasi intrinsic dan 15 pernyataan untuk self-efficacy. Kuesioner diberikan kepada siswa setelah melaksanakan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah menggunakan media virtual laboratorium. Subject penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kadudampit yang diambil 30 siswa sebagai sample. Hasil penelitian menunjukkan persentase skor siswa untuk motivasi intrinsic dalam pembelajaran IPA adalah 74,80 % dengan kriteria baik, serta persentase skor  self-efficaccy dalam pembelajaran IPA adalah 75,18 % dengan kriteria baik. Dari data tersebut dapat disimpulkan keterampilan non-kognitif essential siswa dalam pembelajaran daring IPA pada materi sistem peredaran darah manusia menggunakan media virtual laboratorium termasuk dalam kriteria baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Ketrampilan Non-kognitif Essential, Pembelajaran daring, Virtual laboratorium

References

Adyan, F. B., Purwanto, A., & Nirwana, N. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Discovery Learning Berbantuan Virtual Laboratory. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 153–160. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.153-160

Agustiani, H., Cahyad, S., & Musa, M. (2016). Self-efficacy and Self-Regulated Learning as Predictors of Students Academic Performance. The Open Psychology Journal, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.2174/1874350101609010001

Ambusaidi, A., Al Musawi, A., Al-Balushi, S., & Al-Balushi, K. (2018). The impact of virtual lab learning experiences on 9th grade students’ achievement and their attitudes towards science and learning by virtual lab. Journal of Turkish Science Education, 15(2), 13–29. https://doi.org/10.12973/tused.10227a

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Deci, E. L., Eghrari, H., Patrick, B. C., & Leone, D. R. (1994). Facilitating internalization: the self-determination theory perspec- tive. J Pers. 1994; 62, 119–142.

Gafar, A. arif, & Sugandi, M. kurnia. (2019). Pengembangan Perangkat Media Pembelajaran Partikum Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 1 Sindangwangi Kab. Majalengka. Jurnal Biotek Volume 7 No 2 Desember 2019, 7(1), 48–57. website: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/index

Hafida, Lilil, Wilanika, Ludi, & Sapta. (2020). Penurunan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes/32004_3316112010_6_Desa _20200918_132701.pdf

Handarini, D. M. (2019). Kontribusi faktor-faktor non-kognitif pada prestasi belajar siswa sekolah menengah pertama. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(2), 62. https://doi.org/10.33292/petier.v1i2.22

Kim, M.-O. (2016). Study on Self-efficacy, Communication competency, Critical thinking disposition and Clinical performance ability of nursing students. Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 17(6), 609–617. https://doi.org/10.5762/kais.2016.17.6.609

Legault, L. (2020). Intrinsic and Extrinsic Motivation. Encyclopedia of Personality and Individual Differences, November 2016. https://doi.org/10.1007/978-3-319-28099-8

Makransky, G., Thisgaard, M. W., & Gadegaard, H. (2016). Virtual simulations as preparation for lab exercises: Assessing learning of key laboratory skills in microbiology and improvement of essential non-cognitive skills. PLoS ONE, 11(6), 1–11. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0155895

Misnawati, Y. R. (2019). Laboratorium Virtual Pada Praktikum Sistem Sirkulasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Kelas XI SMA: Kajian Dari Aspek Validitas. Artikel Ilmiah Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji, 8(2), 2019. https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2004.3.66178

Nadira, H., & Ramdhan, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantukan Facebook Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Bioeducation, 5(2), 67–74. https://doi.org/10.29406/bio.v5i2.1074

Nisa, A. K. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Laboratorium Virtual Online ( Mcgraw-Hill Education ) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Animalia. Skripsi.

Pintrich, P. R. . A. O., & A. (2015). Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1), 156–164. http://link.springer.com/10.1007/s10869-013-9342-5%5Cnhttp://link.springer.com/10.1007/s10551-015-2625-1%5Cnhttp://mcser.org/journal/index.php/mjss/article/view/5449%5Cnhttp://doi.wiley.com/10.1111/apps.12041%5Cnhttp://www.scs.ryerson.ca/aferworn/courses/

Ratamun, M. M., & Osman, K. (2018). The Effectiveness Comparison of Virtual Laboratory and Physical Laboratory in Nurturing Students’ Attitude towards Chemistry. Creative Education, 09(09), 1411–1425. https://doi.org/10.4236/ce.2018.99105

Safitri, H. (2011). Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Topik Gerak Lurus (Survey Terhadap Siswa Kelas X Sman 87 Jakarta Selatan). Jurnal Pendidikan, Volume 12, Nomor 2, September 2011, 97-101 Keyboard, 12(2), 97–101.

Setiono, S., Nuranti, G., & Agustini, M. M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Aktivitas Saintifik Dan Visualisasi. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(1), 27. https://doi.org/10.26714/jps.8.1.2020.27-31

Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Thisgaard, M., & Makransky, G. (2017). Virtual learning simulations in high school: Effects on cognitive and non-cognitive outcomes and implications on the development of STEM academic and career choice. Frontiers in Psychology, 8(MAY), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00805

Published
2021-06-21
How to Cite
Euis Masitoh, Billyardi Ramdhan, & Gina Nuranti. (2021). Profil Keterampilan Non-Kognitif Essential Siswa Dalam Pembelajaran Daring Berbantukan Media Virtual Laboratorium. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 11(1), 10-17. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i1.429
Abstract viewed = 249 times
PDF downloaded = 199 times