PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRA (DIRECTED READING ACTIVITY) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMK YAPAN PARAKANSALAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Niawati, Niawati (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRA (DIRECTED READING ACTIVITY) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMK YAPAN PARAKANSALAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode pembelajaran Directed Reading Activity (DRA) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMK YAPAN Parakansalak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ-4 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik sampling purposive. Penelitian ini menggunakan desain “ One Group PretestPosttest Desain” dengan pola sebelum dan sesudah diberikan treatment menggunakan metode pembelajaran DRA terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, setelah data terkumpul, kemudian dilakukan analisis kuantitatif melalui uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan rumus uji-t antara hasil pretest dan posttest setelah diberikan treatment mengalami perbedaan yang cukup signifikan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 65,46 dan nilai rata-rata posttest sebesar 80,16. Diketahui nilai thitung yaitu sebesar 10,04 sedangkan nilai ttabel pada (d.k) N-1 atau 31-1=30 dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu sebesar 1,697. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima. Maka dari itu pembelajaran dengan menggunakan metode DRA berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMK YAPAN Parakansalak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca pemahaman siswa, metode DRA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:06
Last Modified: 04 Dec 2018 03:06
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item