PENGEMBANGAN E-LKS GEOMETRI BERBASIS WAYANG SUKURAGA DI SEKOLAH DASAR

Nuraini, Siti and Lyesmaya, Dyah and Nurmeta, Irna Khaleda (2023) PENGEMBANGAN E-LKS GEOMETRI BERBASIS WAYANG SUKURAGA DI SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7 (1). pp. 27-37. ISSN 2597-4122

[img] Text
13056

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Elektronik Lembar Kerja Siswa (E-LKS) Geometri berbasis kearifan lokal yaitu kearifan lokal khas Kota Sukabumi, Wayang Sukuraga. Sebagai upaya pelestarian budaya dan pendidikan karakter pada materi geometri untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD). Tahapan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Validitas E-LKS Geometri diukur berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli wayang sukuraga, dan praktisi. Subjek Penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar sebanyak 22 orang siswa terdiri dari 10 orang laki- laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket respon siswa. Hasil menunjukan E-LKS yang dikembangkan memenuhi kelayakan dengan rata-rata presentase uji validitas sebesar 88,4% yang termasuk kedalam kategori “Sangat Valid”. Serta praktis untuk digunakan berdasarkan angket respon siswa terhadap E-LKS dengan presentasi 90,4% yang termasuk kedalam kategori “Sangat Praktis”. Dapat disimpulkan bahwa E-LKS Geometri yang dikembangkan telah dinyatakan valid dan praktis berdasarkan uji kevalidan dan kepraktisan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Elektronik Lembar Kerja Siswa; Geometri; Wayang Sukuraga
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:48
Last Modified: 07 Jul 2023 04:48
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/3223

Actions (login required)

View Item View Item