PENGEMBANGAN E-LKS GEOMETRI BERBASIS WAYANG SUKURAGA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 28- 37.
Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Media Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan : Teori, Pendidikan dan Pengembangan, 1(6), 1120-1126.
APPJII. 2020. Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2). [Internet]. [diakses pada tanggal 28 Desember 2021]. Tersedia di : https://apjii.or.id/survei2019x/kirimlink
Budiono, M. T., Artiono, R. 2019. Geometri Dan Permasalahan Dalam Pembelajarannya (Suatu Penelitian Meta Analisis). Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 9-18.
Chan, F., Budiono, H., Setiono, P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Dasar Pada Materi Tumbuhan dan Bagian-Bagiannya di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 9-17.
Dolong. M. J. (2016). Teknik Analisis Dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 293-300.
Dehani, S. K., Nurcahyono, N. A., Imswatama, A. (2021). Pengembangan E-LKS Ragamatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1537-1547.
Farah, R. A., Budiyono. 2018. Pembelajaran Matematika Materi Geometri Di SD Al Hikmah Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 373-383.
Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Jurnal Edusains, 4(2), 93-103.
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research And Development.
Malang : Literasi Nusantara.
Haerunnisa, N., Wahyudi, A., Nasution. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kampung Nambangan Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Siswa Pada Pembelajaran IPS di SD. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 19-40
Ilina, S. L., Sutisnawati, A., Nurasiah, I. (2020). Pengembangan Media Wayang Sukuraga Terhadap Kreativitas Siswa Daslam Membuat Karya Imajinatif di Kelas Rendah. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 6(2). 265-273.
Ja’far, M., Sunardi., K, A. I. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Karakter Konsisten dan Teliti Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Educatian (RME) pada Bab Kesebangunan dan Kekongruenan Bangunan Datar Kelas IX SMP. Jurnal Edukasi UNEJ, 1(3), 29-35.
Lyesmaya, D., Musthafa, B., Sunendar, D. (2020). Local Wisdom Value’s-Based Literacy Education Learning Model In Elementary School. Journal of Physics: Conference Series. doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012030.
Lyesmaya, D., Musthafa, B., Sunendar, D. (2020). Etnopedagogik Wayang Sukuraga.
Sukabumi : UMMIPress.
Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Sumiarsa. D. (2019). Pengaruh Wayang Sukuraga Terhadap Literasi Siswa Kelas Tinggi SD Kota Sukabumi. Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 105-110.
Oktafiyani., Karlimah. (2021). Analisis Bahan Ajar Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 233- 253.
Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah : Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352
Prabawa, D. G. A. P., Sudarma, I. K., Sukmana, A. I. W. I. Y. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan E-LKS bagi Guru-guru SD di Gugus 3 Kecamatan Buleleng. Proceeding Senadimas Undiksha. Buleleng (Indonesia) : Universitas Pendidikan Ganesha. 1496-1504
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press.
Putra, I. R., Sukartiningsih, W. Indarti T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai Berbasis Lingkungan Menggunakan Model Problem Solving Untuk Meningngkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 1- 18.
Putra, R. S., Wijayati, N., Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2009-2008.
Putri, D. A. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Materi Bangun Ruang Berbasis Etnomatematika Kelas 2Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal)
: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 23-44.
Rosnaningsih A., Ardelia, E., Anggestin T. (2021). Pengembangan E-LKS Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Model ADDIE di Sekolah Dasar Negeri Karawaci Baru 4 Kota Tanggerang. Jurnal Ikraith-Humaniora, 5(3), 44-53.
Sagita, D. (2016). Peran Bahan Ajar LKS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika.
Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sulistiani, E., Masrukan, (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X. Semarang (Indonesia) : Universitas Negeri Semarang. 605-612.
Sulistyaningrum, D. A. (2017).Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video Pembelajaran Camtasia Pada Materi Permukaan Bumi dan Cuaca. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 154-166.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v7i1.13056
Refbacks
- There are currently no refbacks.