PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL BERBENTUK PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Handayani, Sapti and Imswatama, Aritsya and Agustiani, Nur (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL BERBENTUK PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2 (1). pp. 31-35. ISSN 2722-0214

[img] Text
476

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan monopoli pada materi aritmatika sosial terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMP kelas VII. Hasil wawancara dengan guru matematika menyatakan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa kurang. Selain itu, kurang adanya minat dan motivasi terhadap pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang dikembangkan merupakan media pembelajaran visual yang berbentuk permainan monopoli. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau r&d. Desain pengembangan yang digunakan adalah model addie (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Data validitas media pembelajaran dikumpulkan melalui angket menggunakan lembar validasi. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator ahli materi dan media. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis visual yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor keseluruhan 4,22. Tetapi media pembelajaran berbasis visual yang dikembangkan harus melalui proses perbaikan untuk menyempurnakan media pembelajaran yang dikembangkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Media Pembelajaran Visual, Permainan Monopoli
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:07
Last Modified: 21 Mar 2022 07:07
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2240

Actions (login required)

View Item View Item