Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Monopoli Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Authors

  • Sapti Handayani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Aritsya Imswatama
  • Nur Agustiani

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.2.1.31-35

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Matematis, Media Pembelajaran Visual, Permainan Monopoli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan monopoli pada materi aritmatika sosial terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMP kelas VII. Hasil wawancara dengan guru matematika menyatakan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa kurang. Selain itu, kurang adanya minat dan motivasi terhadap pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang dikembangkan merupakan media pembelajaran visual yang berbentuk permainan monopoli. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau r&d. Desain pengembangan yang digunakan adalah model addie (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Data validitas media pembelajaran dikumpulkan melalui angket menggunakan lembar validasi. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator ahli materi dan media. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis visual yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor keseluruhan 4,22. Tetapi media pembelajaran berbasis visual  yang dikembangkan harus melalui proses perbaikan untuk menyempurnakan media pembelajaran yang dikembangkan.

References

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press.

Dananjaya, U. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Nuansa Cendikia.

Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114–131. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.114-131

Esterlita, P. (2013). Pengembangan Alat Peraga Montessori Untuk Keterampilan Berhitung Matematika Kelas IV SDN Tamanan 1 Yogyakarta. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Fahrudin, F., Netriwati, N., & Putra, R. W. Y. (2018). Pembelajaran Problem Solving Modifikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 181. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2556

Hendriana, Heris., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama.

Herdian. (2010). Kemampuan Pemahaman Matematika. https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-pemahaman-matematis/

Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Plantet Questions Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Di Kelas X Sman 1 Bireuen. Jurnal Pendidikan Almuslim, VII (1), 45–49.

Nurhayati, N. (2020). Pengaruh Peer Teaching Berbantuan Aplikasi SPSS terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep pada Materi Statistika. Jurnal Gammath, 5(2), 72–78.

Sugiman., Sumardyono., & M. (2016). karakteristik siswa SD. In Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar (Vol. 2).

Supriatna, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Melalui Cooperative Learning Tipe Pair Checks Vs Problem Based Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.450

Susanto, A., Raharjo, & Prastiwi, M. S. (2012). Permainan Monopoli sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Sel pada Siswa SMA Kelas XI IPA. BioEdu, 1(1), 1–6.

Yumarlin MZ. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Teknik, 3(1), 75–84.

Downloads

Published

2021-07-02 — Updated on 2021-07-03

Versions