PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DI KELAS TINGGI

Aprilia, Dista (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DI KELAS TINGGI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (119kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Group Investigation dalam pembelajaran IPS yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa melalui model pembelajaran Group Investigation di kelas tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB. Pemilihan partisipan dilakukan berdasarkan penemuan permasalahan yang ada di kelas terkait dengan permasalahan rendahnya keterampilan berdiskusi peserta didik pada pembelajaran IPS. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket keterampilan berdiskusi, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi keterampilan berdiskusi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 April-06 Mei 2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa di kelas tinggi. Yaitu dari hasil pra siklus siswa dengan nilai 69%, pada siklus 1 meningkat dengan nilai 73%, selanjutnya pada siklus II mencapai 81%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa di kelas tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berdiskusi, model pembelajaran Group Investigation.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 25 Nov 2019 06:49
Last Modified: 25 Nov 2019 06:49
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item View Item