Setiawan, Sartono (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN BANTUAN MEDIA GOOGLE FORMULIR DAN WHATSAPP GROUP TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CIEMAS. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (2). ISSN 2614-2988
Text
2713 Download (27kB) |
Abstract
Adanya wabah pandemi covid-19 telah menggangu berbagai aspek kehidupan masyarakat tak terkecuali dunia pendidikan. Pembelajaran beralih dari pembelajaran tatap muka secara langsung di dalam kelas menjadi pembelajaran lewat daring (dalam jejaring). Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran terhadap kemampuan siswa. Model pembelajaran yang diteliti adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan media Google Formulir dan Whatsapp Group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciemas yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data berupa tes sebelum penerapan model pembelajaran (pretest) dan sesudah penerapan model pembelajaran (posttest). Dari hasil penelitian terdapat peningkatan rata-rata kemampuan siswa dengan materi menganalisis unsur-unsur drama. Rata-rata pretest sebesar 34,03 meningkat menjadi 62,63 saat posttest, ditunjang dari hasil uji-t dengan t hitung sebesar 8,230 dan signifikansi 0,000. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dalam menganalisis unsur-unsur drama setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif, TGT (Teams Games Tournament), Google Formulir, Whatsapp Group. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 07:10 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 07:10 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2509 |
Actions (login required)
View Item |