PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP

Febriyani, Febi (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis project based learning bermuatan islami dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) yang diaplikasikan dalam 10 tahap penelitian, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validitas desain, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi produk, uji coba skala besar, revisi produk, dan produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian ahli untuk mengetahui validitas produk, lembar penilaian guru dan angket siswa untuk mengetahui kepraktisan produk, lembar tes kemampuan pemahaman konsep untuk mengetahui keefektifan produk. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis project based learning telah memenuhi kriteria baik. Penilaian validitas Lembar Kerja Siswa oleh para ahli yaitu ahli media dan ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,29 dengan kriteria sangat layak. Penilaian kepraktisan Lembar Kerja Siswa oleh guru mendapatkan skor 4,4 dengan kriteria sangat layak dan angket siswa pada skala kecil dan skala besar masing-masing mendapatkan skor 3,33 dengan kriteria baik dan 4,06 dengan kriteria sangat baik. Penilaian keefektifan Lembar Kerja Siswa juga dibagi menjadi dua kelompok tes, yaitu tes skala kecil dengan 20 siswa dan tes skala besar dengan 40 siswa. Hasil dari kedua tes tersebut mendapatkan skor masing-masing, yaitu rata-rata nilai siswa skala kecil 73,44 serta kriteria ketuntasannya menunjukkan hasil 65% dengan kriteria baik dan rata-rata nilai siswa skala besar 73,75 serta kriteria ketuntasannya 68% dengan kriteria baik. Nilai rata-rata tes siswa skala kecil dan skala besar tersebut diatas KKM yang digunakan disekolah yaitu 70. Hal ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis project based leaning bermuatan islami yang telah dikembangkan sudah layak untuk diterapkan pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Lembar Kerja Siswa, Project Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 28 Nov 2018 08:20
Last Modified: 28 Nov 2018 08:20
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/589

Actions (login required)

View Item View Item