EFEKTIVITAS MEDIA BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN

Rohaeni, Heni and Munajat, Asep and Zultiar, Indra (2021) EFEKTIVITAS MEDIA BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (2). pp. 4628-4632. ISSN 2614-3097

[img] PDF
1595

Download (52kB)

Abstract

Media bahan alam merupakan media yang sering kai dimanfaatkan sebagai media pembelaajaran karena media tersebut merupakan media yang mudah ditemukan karena berasal dari lingkungan alam. Berpikir simbolik merupakan salah satu indikator dalam kemampuan kognitif yang perlu dikembangkan pada anak usia 4-5 tahun dengan cara yang menyenangkan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantittif desain quasi eksperimen one group pretest-posttest dengan jumlah sampel 30 anak yang diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media bahan alam. Jika dilihat dari hasil total skor pretest-posttest, nilai posttest lebih besar dengan kata lain terdapat perubahan setelah perlakuan. Dengan teknik analisis data dengan uji t dua sampel berpasangan didapatkan hasil bahwa nilai t bernilai positif dan nilai signifikansi menunjukkan nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 atau 0,000<0,05 maka dinyatakan penggunaan media bahan alam berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Bakti.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media, material, nature, thinking, symbolic
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 23 Aug 2022 08:16
Last Modified: 23 Aug 2022 08:16
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2553

Actions (login required)

View Item View Item