KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS RISET BERBANTUAN MEDIA WHATSAPP

Annisa, Siti Nur and Setiono, Setiono and Juhanda, Aa (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS RISET BERBANTUAN MEDIA WHATSAPP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 11 (1). pp. 18-26. ISSN 2621-9166

[img] Text
431

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP pada pembelajaran daring setelah penerapan model guided inquiry berbasis riset berbentuan media whtasApp pada materi interkasi makhluk hidup dengan lingkungan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII dari salah satu SMP di kabupaten Sukabumi dengan sample 33 orang peserta didik yang terdiri dari 15 perempuan dan 18 laki- laki. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest posttest design dengan teknik pengambilan sampel Purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kritis berupa pilihan ganda sebanyak 23 soal dengan 5 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu 1) Memberi penjelasan, 2) Membangun keterampilan dasar, 3) Menyimpulkan, 4) Membuat penjelasan lanjut, 5) Strategi dan taktik. Data hasil penelitian menunjukan pembelajaran menggunakan model guided inquiry berbasis riset berbantuan media whatsApp dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa yang terlihat dari adanya peningkatan dari hasil pretest dan postets yang menunjukkan kategori cukup, baik dan sangat baik dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator 1 yaitu memberi penjelasan sederhana sebesar 87% pada indikator 2 yaitu membangun keterampilan dasar sebesar 76%, indikator 3 yaitu menyimpulkan 86%, indikator 4 memberi penjelasan lanjut sebesar 65%, dan indikator 5 yaitu strategi dan taktik sebesar 81%. Rata- rata persentase ketercapaian kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu 79%, Serta kemampuan berpikir kritis yang dicapai peserta didik laki- laki lebih unggul dari perempuan. Hal ini menunjukan dalam pembelajaran daring IPA pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbasis riset berbantuan media whatsApp dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan berguna untuk keberlangsungan proses pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, Guided inquiry berbasis riset, media whatsApp
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 28 Jul 2022 08:07
Last Modified: 28 Jul 2022 08:07
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2474

Actions (login required)

View Item View Item