Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Riset Berbantuan Media WhatsApp
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP pada pembelajaran daring setelah penerapan model guided inquiry berbasis riset berbentuan media whtasApp pada materi interkasi makhluk hidup dengan lingkungan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII dari salah satu SMP di kabupaten Sukabumi dengan sample 33 orang peserta didik yang terdiri dari 15 perempuan dan 18 laki- laki. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest posttest design dengan teknik pengambilan sampel Purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kritis berupa pilihan ganda sebanyak 23 soal dengan 5 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu 1) Memberi penjelasan, 2) Membangun keterampilan dasar, 3) Menyimpulkan, 4) Membuat penjelasan lanjut, 5) Strategi dan taktik. Data hasil penelitian menunjukan pembelajaran menggunakan model guided inquiry berbasis riset berbantuan media whatsApp dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa yang terlihat dari adanya peningkatan dari hasil pretest dan postets yang menunjukkan kategori cukup, baik dan sangat baik dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator 1 yaitu memberi penjelasan sederhana sebesar 87% pada indikator 2 yaitu membangun keterampilan dasar sebesar 76%, indikator 3 yaitu menyimpulkan 86%, indikator 4 memberi penjelasan lanjut sebesar 65%, dan indikator 5 yaitu strategi dan taktik sebesar 81%. Rata- rata persentase ketercapaian kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu 79%, Serta kemampuan berpikir kritis yang dicapai peserta didik laki- laki lebih unggul dari perempuan. Hal ini menunjukan dalam pembelajaran daring IPA pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbasis riset berbantuan media whatsApp dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan berguna untuk keberlangsungan proses pembelajaran.
Downloads
References
Ahmatika, D. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY/DISCOVERY. Euclid, 3(1), 394–403. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324
Ambarwati, M., Mardiyana, M., & Sri, S. (2014). Profil Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta Dalam Memecahkan Masalah Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9).
Anom, K. W., Sukaryawan, M., & Haryani, M. E. (2018). Jurnal penelitian pendidikan kimia : kajian hasil penelitian pendidikan kimia volume 5, nomor 1, 2018. 5(2015), 57–67.
Ardani, R. (2014). Pengaruh Model Guided Inquiry Berbasis Ekspeimen Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Gedangan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2).
Arina, H., Fatimatul, M., Irsad, R., & Yunin, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Riset. Jurnal Pendidikan, 2(1).
Audu, C., Ajayi, V. O., & Angura, T. (2018). Do Guided and Structured Inquiry Instructional Strategies Have Any Comparative Effects on Studentss Achievement in Basic Science and Technology? A Field Report. SSRN Electronic Journal, 8(33), 81–88. https://doi.org/10.2139/ssrn.3069288
Beni, B., Bustami, Y., & Leliavia, L. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jirqa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 4(01), 9–15. https://doi.org/10.33503/ebio.v4i01.308
Curto, K., & T, B. (2005). Writing and Speaking to Learn Biology: An Intersection of Critical Thingking and Communication Skills. Bioscene: Journal of College Biology Teaching, 31(4).
Dakker, S., & Van B, N. (2017). Chapter 1. Guide for a project inquiry-based learning.
Ennis, R. H. (2015). The nature of critical thinking: outlines of general critical thinking disposition and abilities. Sixth International Conference on Thinking at MIT, 2013, 1–8.
Hasnunidah, N. (2012). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran Ekosistem Berbasis Konstruktivisme Menggunakan Media Maket. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 64–74.
Kemendikbud. (2020). Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035.
Novitasari, D. (2017). Analisis Kreativitas Siswa Dalam Pemecahan Masalah Visual Spasial Dan Logis Matematis Ditinjau Dari Gender. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 75. https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1837
Penelitian, A., & Kunci, K. (2012). INKUIRY LABORATORIUM DAN NILAINYA DALAM PENGAJARAN SAINS Setiono *), Nuryani Y Rustaman **), Adi Rahmat **). 2012–2015.
Ramdhani, N. (2020). Pentingnya Memahami Fungsi dan Tujuan dari Pendidikan.
Rodzalan, S. A., & M, M. S. (2015). The Perception of critical Thinking and Problem Solving Skill among Malaysian Undergraduate Students. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 172, 725–732.
Rohmah, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Media Lingkungan Sekitar Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ekosistem Siswa SMP Negeri 1 Sukoharjo. Universitas Lampung.
Salam, M. (2020). WhatsApp: Kehadiran, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 198. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11675
Setiono, S., Nuranti, G., & Agustini, M. M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Aktivitas Saintifik Dan Visualisasi. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(1), 27. https://doi.org/10.26714/jps.8.1.2020.27-31
Solohin, M, W., Sri, Handono, B, P., & Supeno. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3).
Suana, W., Raviany, M., & Sesunan, F. (2019). Blended Learning Berbantuan Whatsapp: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 37–45. https://doi.org/10.30870/gravity.v5i2.4990
Sugiono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Thompson, C. (2011). Critical Thinking across the Curriculum: Process over Output. International Journal of Humanities and Social Science, 1(9), p4.
Ulva, V., Ibrohim, I., & Sutopo, I. (2017). Mengembangkan Sikap Ilmiah SISWA SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Ekosistem. 2(5).
Yamtinah, S., Masykuri, M., Ashadi, & Shidiq, A. S. (2017). Gender differences in students’ attitudes toward science: An analysis of students’ science process skill using testlet instrument. AIP Conference Proceedings, 1868(August). https://doi.org/10.1063/1.4995102
Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Erzatama Karya Abadi.
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.