ANALISIS BERPIKIR LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

Agustiani, Shelly and Agustiani, Nur and Nurcahyono, Novi Andri (2021) ANALISIS BERPIKIR LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, 4 (2). pp. 67-78. ISSN 2622-2442

[img] Text
966

Download (39kB)

Abstract

Kemampuan berpikir literasi matematika merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang penting untuk dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir literasi matematika siswa SMP berdasarkan kemandirian belajar. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang siswa kelas VIII pada salah satu MTs. di Kota Sukabumi di mana setiap siswa mewakili masing-masing kategori kemandirian belajar, yaitu: rendah, sedang dan tinggi. Pengumpulan data menggunakan metode angket, tes serta wawancara. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Siswa dengan kemandirian belajar rendah memenuhi dua indikator dari menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika, 2) Siswa dengan kemandirian belajar sedang memenuhi semua indikator dari merumuskan situasi secara matematis dan menerapkan konsep matematika, fakta, prosedur dan penalaran matematika 3) Siswa dengan kemandirian belajar tinggi memenuhi semua indikator proses berpikir literasi matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis, Berpikir Literasi Matematika, Kemandirian Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:00
Last Modified: 21 Mar 2022 07:00
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2239

Actions (login required)

View Item View Item