Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP

  • Shelly Agustiani Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Nur Agustiani Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Novi Andri Nurcahyono Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Berpikir literasi matematika, Kemandirian belajar, Analisis

Abstract

Kemampuan berpikir literasi matematika merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang penting untuk dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir literasi matematika siswa SMP berdasarkan kemandirian belajar. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang siswa kelas VIII pada salah satu MTs. di Kota Sukabumi di mana setiap siswa mewakili masing-masing kategori kemandirian belajar, yaitu: rendah, sedang dan tinggi. Pengumpulan data menggunakan metode angket, tes serta wawancara. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Siswa dengan kemandirian belajar rendah memenuhi dua indikator dari menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika, 2) Siswa dengan kemandirian belajar sedang memenuhi semua indikator dari merumuskan situasi secara matematis dan menerapkan konsep matematika, fakta, prosedur dan penalaran matematika 3) Siswa dengan kemandirian belajar tinggi memenuhi semua indikator proses berpikir literasi matematika.

References

Aini dkk. (2018). Analisis Berpikir Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Berdasarkan Kecerdasan Majemuk. Kadikma, 9, 127–135.

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. 1, 364–370.

Arum, R. P. (2017). Deskripsi Kemampuan Metakognisi Siswa SMA Negeri 1 Sokaraja dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. AlphaMath, 3(1).

Astuti dkk. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Swasta di Kota Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 99–112.

Ekananda dkk. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Wilangan, 1(4), 367–382.

Indrawati, F. A., & Wardono. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267.

Kholifasari dkk. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar. Jurnal Derivat, 7(2), 117–125.

Mayasari, & Rosyana, T. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kota Bandung. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 82–89.

OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) Result From Pisa 2018 Indonesia-Country Note. I–III, 1–10.

Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana ? Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 713–720.

Sulistyani dkk. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12.

Utami dkk. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626–633.

Wijayanti, P., & Wardono. (2020). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran DAPIC- Problem- Solving Pendekatan PMRI Berbatuan Schoology. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 670–678.

Published
2021-12-17
How to Cite
Agustiani, S., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 67-78. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.966