ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI TINGKAT SELF-EFFICACY

Rahmawati, Anisa and Lukman, amidah Suryani and Setiani, Ana (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI TINGKAT SELF-EFFICACY. Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, 4 (2). pp. 79-90. ISSN 2622-2442

[img] Text
979

Download (39kB)

Abstract

Kemampuan Pemecahan masalah matematis sangat penting karena merupakan salah satu kompetensi utama yang harus dimiliki siswa dalam proses berpikir matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tingkat self-efficacy siswa SMP. Jenis penelitian ini yaitu studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa pemberian angket self-efficacy, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VII C SMP IT Adzkia dengan tingkat self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan tingkat self-efficacy tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kategori tinggi dan memenuhi seluruh indikator kemampuan pemecahan masalah yakni memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai perencanaan, dan memeriksa kembali. (2) siswa dengan tingkat self-efficacy sedang dan rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis kategori sedang. Adapun perbedaannya siswa dengan tingkat self-efficacy sedang memenuhi 2 indikator yakni menyusun masalah sesuai perencanaan dan memeriksa kembali, sedangkan siswa dengan tingkat self-efficacy rendah memenuhi satu indikator yakni memahami masalah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-Efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 21 Mar 2022 04:02
Last Modified: 21 Mar 2022 04:02
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2237

Actions (login required)

View Item View Item