PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTROMING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIEMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sukova, Intan Harni (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTROMING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIEMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)

Abstract

Kemampuan berbahasa mencakup empat aspek, keterampilan, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Berdasarkan empat keterampilan menulis teks berita dengan menggunalan model pembelajaran Brainstroming, di mana minat siswa dalam keterampilan menulis teks berita kelas VIII SMP Negeri 1 Ciemas masih rendah, sedangkan menulis merupakan keterampilan yang produktif. Salah satu keterampilan menulis yang penting dikuasai oleh siswa adalah menulis teks berita, maka penelitian ini bertujuan 1) mengetahui keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciemas tahun pelajaran 2018/2019 sebelum menggunakan model pembelajaran Brainstroming, 2) Mengetahui keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciemas tahun pelajaran 2018/2019 sesudah menggunakan model pembelajaran Brainstroming, 3) Mengetahui Perbedaan penerapan model pembelajaran Brainstroming terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciemas tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam bentuk tes awal (pretest) dan akhir (posttest). Untuk memperkuat hasil penelitian ditambah dengan pengumpulan data hasil respon angket siswa, lembar observasi guru dan siswa, dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciemas yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini dilakukan didalam kelas dengan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis ada tes awal diperoleh nilai tertinggi 60 dan nilai terendah 50. Selain itu nilai rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 51,71( dalam skala 1-100), sedangkan pada saat tes akhir diperoleh nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 77. Selain itu nilai rata-rata yang diperoleh adalah 77,96 (dalam skala 1-100). setelah melakukan pretest dan posttest dapat dilihat dari hitung 17,43 table 1,703. Maka H1≠H0 hipotesis tidak sama dengan hipotesis yang diduga. Model pembelajaran Brainstroming dapat mempengaruhi dalam meningkat keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciemas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Berita, Model pembelajaran Brainstroming.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 08 Nov 2019 09:07
Last Modified: 08 Nov 2019 09:07
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1069

Actions (login required)

View Item View Item