Fitriyani, Fitriyani (2019) ANALISIS NILAI RELIGI DAN NILAI MORAL PADA ANTOLOGI CERPEN CATATAN HATI DI SETIAP DOAKU KARYA ASMA NADIA DAN KAWAN-KAWAN SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI MA AL-MA’TUQ TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
Text
COVER.pdf Download (126kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (71kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf Download (80kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (206kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan analisis nilai religi dan nilai moral yang terkandung dalam antologi cerpen Catatan Hati di Setiap Doaku karya Asma Nadia dan kawan-kawan. Hasil analisis nilai religi dan nilai moral pada cerpen yang berjudul “Bila Tukang Tidur Berdoa”, “Bukan Karena Allah Tak Sayang”, dan “Doa-doa Mami” untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI MA Al-Ma’tuq tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini fokus menganalisis nilai-nilai yang terkandung di dalam cerpen, yakni nilai religi dan nilai moral dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis nilai religi pada ketiga cerpen tersebut adalah menampilkan sebuah kekuatan dan keajaiban dari sebuah doa. Doa yang selalu dipanjatkan harus diiringi dengan keyakinan yang kuat kepada Allah. Sedangkan hasil analisis nilai moral pada ketiga cerpen tersebut adalah menampilkan perilaku sabar, menghadapi cobaan yang diberikan oleh Allah. Hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan pembelajaran di kelas XI Ma-Al-Ma’tuq tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa cerpen “Bila Tukang Tidur Berdoa” (Taufan E. Prast), “Bukan Karena Allah Tak Sayang” (Nanik Susanti), dan “Doa-doa Mami” (Asma Nadia) merupakan cerpen yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik, terbukti dari hasil analisis peserta didik banyak yang mendapat nilai di atas KKM. Selain itu ketiga cerpen tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip pemilihan bahan pembelajaran. Sehingga ketiga cerpen tersebut dapat dijadikan bahan pembelajaran khususnya materi cerpen pada peserta didik di kelas XI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cerpen, nilai religi, nilai moral, pembelajaran sastra, bahan pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 08 Nov 2019 07:31 |
Last Modified: | 08 Nov 2019 07:31 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1065 |
Actions (login required)
View Item |