PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH TEKS BIOGRAFI PAHLAWAN INDONESIA PADA SISWA KELAS X OTKP 1 SMK PLUS AN-NABA

Syahadati, Arrifa Hasna (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH TEKS BIOGRAFI PAHLAWAN INDONESIA PADA SISWA KELAS X OTKP 1 SMK PLUS AN-NABA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (573kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya kemampuan membaca khususnya dalam menelaah teks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan menelaah teks biografi pahlawan Indonesia pada siswa kelas X OTKP 1 SMK Plus An-naba sebelum menggunakan model CIRC. 2) mengetahui kemampuan menelaah teks biografi pahlawan Indonesia pada siswa kelas X OTKP 1 SMK Plus An-naba setelah menggunakan model pembelajaran CIRC. 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan menelaah teks biografi pahlawan Indonesia pada siswa kelas X OTKP 1 SMK Plus An-naba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pre-eksperimental dengan menggunakan desain pretest dan posttest dengan jumlah sampel sebanyak 28 siswa. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pretest sebesar 53,52 dan nilai rata-rata posttest sebesar 79,11. Hasil perhitungan masing-masing tes dilakukan menggunakan uji-t terhadap pretest dan posttest sehingga diperoleh hasil bahwa thitung 13,03 > ttabel 2,052. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CIRC berpengaruh dan dapat meningkatkan kemampuan menelaah teks biografi pahlawan Indonesia pada siswa kelas X OTKP 1 SMK Plus An-naba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menelaah Teks Biografi, Pahlawan Indonesia, Model pembelajaran CIRC.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 08 Nov 2019 02:28
Last Modified: 08 Nov 2019 02:28
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1059

Actions (login required)

View Item View Item