ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) PADA PERUSAHAAN KONTRAKTOR DENGAN PENDEKATAN METODE SERVQUAL DI KOTA SUKABUMI

Kartika, Nia and Maulana, Adi Chandra (2018) ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) PADA PERUSAHAAN KONTRAKTOR DENGAN PENDEKATAN METODE SERVQUAL DI KOTA SUKABUMI. SANTIKA (Jurnal Ilmiah Sains dan teknologi), 8 (1). pp. 673-688. ISSN 2088-5407

[img] Text
Jurnal Santika Nia-Juni 2018.pdf

Download (539kB)

Abstract

Salah satu cara kontraktor kecil untuk meningkatkan mutu perusahaannya adalah dengan menerapkan prinsip-prinsip yang ada di Total Quality Management (TQM). TQM adalah sistem manajemen yang mengangkat mutu sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota perusahaan (Suardi, 2004). Prinsip-prinsip yang ada dalam TQM yaitu : kepemimpinan, kebijakan dan strategi, komitmen, MSDM, Manajemen Sumber Daya, Manajemen Proses, Quality Awareness, Kerjasama, Kapasitas untuk berubah dan Pembelajaran (Gaspersz, 2005). Metode analisis yang penulis gunakan adalah metode Servqual yang telah dipergunakan pada berbagai bidang kajian karena tingkat validitas dan reliabilitasnya tinggi, memperlihatkan secara sistematis dan urutan prioritas perbaikan kualitas mutu. Hasil penelitian ini didapatkan beberapa hal berikut, tingkat kepuasan berada diantara 80 - 100 artinya kepuasan tinggi, yaitu rata-rata sebesar 80,51. Elemen TQM yang perlu ditingkatkan dalam penerapannya adalah : teknologi terbaru yang digunakan dalam pelaksanaan proyek, teknologi informasi memberikan kemudahan kepada pekerja dalam bekerja, pimpinan perusahaan mau menerima pendapat dari bawahan, cukupnya waktu penyelesaian pekerjaan supaya hasil pekerjaan memuaskan, pimpinan perusahaan memberikan bimbingan kepada para pekerjanya, dan menyediakan pelatihan bagi tenaga kerja. Elemen TQM lain masuk dalam kategori elemen yang sudah diterapkan dengan baik dan ada beberapa yang dianggap elemen pendukung sehingga belum menjadi prioritas untuk melakukan peningkatan secara langsung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kontraktor Kecil, TQM, Servqual.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Sipil
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 10 Jan 2019 08:31
Last Modified: 10 Jan 2019 08:31
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item