PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK TERATAI (TERJUN, AMATI, DAN RANGKAI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Oktafia, Tia (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK TERATAI (TERJUN, AMATI, DAN RANGKAI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (588kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

Keterampilan menulis sangat berpengaruh terhadap pembelajaran puisi. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 10 Kota Sukabumi pada kelas VIII merasa kesulitan menentukan sebuah topik utama pada saat pembelajaran menulis puisi, menerapkan Model Pembelajaran Teknik Teratai dapat menjadi solusi dalam menangani permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keterampilan menulis sebelum dan sesudah penerapan Model Pembelajaran Teknik Teratai. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian “One Group Pretest-Posttest Desain” dengan menggunakan satu kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan hasil pretest dan posttest berbeda setelah diberikan treatment dengan nilai rata-rata pretest 61,35 dan nilai rata-rata posttest 78,7. Diketahui harga Thitung yaitu 15,84. Harga Thitung tersebut dikonsultasikan dengan Ttabel dengan derajat kebebasan (dk) N – 1 atau 37 – 1 = 36 dengan taraf signifikansi 0,05 maka harga Ttabel 2.042, hasil tersebut menunjukkan bahwa harga Thitung lebih besar daripada harga Ttabel karena Thitung berjumlah 15,84 dan Ttabel berjumlah 2.042. bila Thitung lebih besar daripada Ttabel maka hasil dinyatakan signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunan model pembelajaran Teknik Teratai berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Sukabumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis puisi, Model pembelajaran Teknik Teratai.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 04 Dec 2018 04:20
Last Modified: 04 Dec 2018 04:20
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item