NKUIRY LABORATORIUM DAN NILAINYA DALAM PENGAJARAN SAINS

Setiono, Setiono and Rustaman, Nuryani Y and Rahmat, Adi (2016) NKUIRY LABORATORIUM DAN NILAINYA DALAM PENGAJARAN SAINS. UMMI : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan teknologi, 10 (2). pp. 57-60. ISSN 1907-7750

[img] Text
Cover dan Barcode Vol 10 No 2 agl 2016.pdf

Download (300kB)
[img] Text
4. INKUIRY LABORATORIUM DAN NILAINYA DALAM PENGAJARAN SAINS.pdf

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pengajaran inkuiri laboratorium sebagai sebuah strategi pembelajaran di laboratorium terhadap pencapaian learning outcome (capaian pembelajaran) oleh siswa. Inkuiri merupakan standar pengajaran sains yang harus menjadi standar mutu dalam pengajaran sains. Inkuiri merupakan pengalaman belajar yang harus diselenggarakan guru untuk membantu siswa memperoleh sejumlah kompetensi yang diharapkan dalam pengajaran sains. Hasil reviev terhadap 30 artikel tentanng dampak pengajaran di laboratorium yang berbasis inkuiri laboratorium diperoleh informasi bahwa inkuiri laboratorium dapat berpengaruh positif terhadap sejumlah dimensi kompetensi diantaranya: pada dimensi kompetensi sikap, (inkuiri laboratorium dapat membangun sikap positif siswa terhadap sains dan nature of science). Pada dimensi kompetensi pengetahuan inkuri laboratorium dapat membantu siswa mengkonstruksi pengetahuan. Pada dimensi kompetensi keterampilan inkuiri laboratorium dapat melatih keterampilan proses, berfikir kritis, kratif dan melatih nalar siswa. Dampak positif inkuiri laboratorium tersebut dapat menjadi dasar dalam mengembangkan program pengajaran di laboratorium yang dapat membangun kompetensi mahasiswa secara paripurna.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Inquiry laboratorium, capaian pembelajaran, kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 29 Aug 2018 05:25
Last Modified: 29 Aug 2018 05:25
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item View Item