Laporan Proyek Lapangan Program Penguatan Kapasitas ORMAWA Pemberdayaan Masyarakat Desa Waluran Melalui Konservasi Tanaman Obat Ssebagai Pusat Edukasi Dan Bismis Berbasis Masyarakat Pada Kawasan Geopark

Fauzi, Ulfa and Juhanda, Aa and Ramdhan, Billyardi (2023) Laporan Proyek Lapangan Program Penguatan Kapasitas ORMAWA Pemberdayaan Masyarakat Desa Waluran Melalui Konservasi Tanaman Obat Ssebagai Pusat Edukasi Dan Bismis Berbasis Masyarakat Pada Kawasan Geopark. INSTITUT PENELITIAN MATEMATIKA KOMPUTER, KEPERAWATAN, PENDIDIKAN, DAN EKONOMI (IPM2KPE), 6 (2). pp. 614-624.

[img] Text
508

Download (96kB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis implikasi model double loop problem solving terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik pada sistem pencernaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen dengan non-equivalent control grup desain. Populasi pada penelitian ini peserta didik kelas XI n=52 orang, kelompok eksperimen n=26, dan kelompok kontrol n=26, di SMAN 1 Ciemas. Pengumpulan data menggunakan beberapa instrumen: (1) tes kemampuan berpikir spasial, (2) angket respon peserta didik terhadap model double loop problem solving. Analisis data penelitian dilakukan dengan uji statistic non parametric dengan uji Mann-Whitney dengan nilai sig. 0,000<0,005 maka H₁ diterima H₀ ditolak. Hal ini berarti adanya pengaruh model double loop problem solving terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik. Nilai kemampuan berpikir spasial secara keseluruhan sebesar 76% yang berkategori tinggi dan respon peserta didik terhadap model double loop problem solving sebesar 82,94% berkategori sangat baik yang berarti mendapatkan respon positif dari peserta didik. Simpulan dari penelitian adanya pengaruh model double loop problem solving terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik pada materi sistem pencernaan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Spatial, Model Double Loop Problem Solving.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Heriska Heriska
Date Deposited: 30 Jun 2024 17:48
Last Modified: 30 Jun 2024 17:48
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/3711

Actions (login required)

View Item View Item