MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PEMBIASAAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Nursobah, Entri Lia and Lyesmaya, Dyah and Uswatun, Din Azwar (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PEMBIASAAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. jurnal Bina Gogik, 5 (2). pp. 124-135. ISSN 2355-3774 (Unpublished)

[img] Text
index.html

Download (11kB)

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar penyelenggaraan pendidikan karakter melalui pembiasaan di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan oleh penulis di kelas I SDN Cikarang, dengan subjek penelitian 16 siswa. Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian tindakan kelas. PTK dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan selama dua siklus, penulis berkesimpulan bahwa pembiasaan dapat meningkatkan penyelengaraan pendidikan karakter, hal tersebut dibuktikan dari hasil pengukuran yang telah dilakukan oleh penulis dengan berdasarkan pada lembar observasi penilaian pendidikan karakter maka terlihat pada siklus I hasilnya siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 73 dengan 8 siswa memiliki nilai di atas KKM dan pada siklus II terdapat kenaikan dimana nilai rata-rata siswa mencapai 82 dan siswa yang memiliki nilai di atas KKM sebanyak 12 siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, pembiasaan, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heriska Heriska
Date Deposited: 20 May 2024 12:26
Last Modified: 20 May 2024 12:26
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/3533

Actions (login required)

View Item View Item