Karmawan, Rizqi Ali (2018) PERBANDINGAN PENDEKATAN BERMAIN DAN TRADISIONAL TERHADAP MINAT BELAJAR PJOK SISWA DI SDN CIBODAS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
|
Text
COVER.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Pendekatan mengajar yang diterapkan guru penjas amat beragam, oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai perbedaan pengaruh setiap penerapan pendekatan dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan penerapan pendekatan mengajar penjas antara pendekatan bermain dan pendekatan tradisional, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh perbedaan tersebut terhadap minat belajar mata pelajaran PJOK di SDN Cibodas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Ex post facto. Sampel penelitian adalah siswa SDN Cibodas sebanyak 66 orang. Desain penelitian ini mengunakan Post-test Only Design dengan instrument penelitiannya menggunakan kuesioner tertutup berskala Likert, sedangkan pengolahan dan analisis data penelitian menggunakan Software Microsoft Excel 2013 dan SPSS Version 20. Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan pembelajaran secara signifikan dimana ditunjukkan dengan bedasarkan hasil Uji-T nilai dari sig adalah 0,03 < a dengan a = 0,05, maka H1 diterima, dengan kata lain bahwa terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar siswa pada pembelajaran PJOK yang menggunakan pendekatan bermain dengan minat siswa pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan tradisional. Analisis data akhir kelompok bermain (kelas V-A), dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan bermain, menunjukkan skor rata-rata minat siswa dalam belajar PJOK sebesar 79,9%. Sedangkan skor rata-rata kelompok tradisional (kelas V-B), dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan tradisional, menunjukkan skor rata-rata minat siswa dalam belajar PJOK sebesar 69,3%. Maka disimpulkan bahwa pendekatan bermain lebih baik dari pada pendekatan tradisional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Bermain, PendekatanTradisional, Minat Belajar Mata Pelajaran PJOK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 04:51 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 04:51 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/315 |
Actions (login required)
View Item |