PENGARUH TEKNIK BRAINWRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 10 KOTA SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Queenie, Puteri Lee (2018) PENGARUH TEKNIK BRAINWRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 10 KOTA SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan Pembimbing.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Teknik Brainwriting terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 10 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2017/2018, yang dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya minat dan kemampuan siswa dalam menulis dan penerapan teknik pembelajaran yang kurang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan: 1) mengetahui keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 10 Kota Sukabumi tahun ajaran 2017/2018 sebelum menggunakan teknik brainwriting 2) mengetahui keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 10 Kota Sukabumi tahun ajaran 2017/2018 setelah menggunakan teknik brainwriting 3) mengetahui pengaruh penggunaan teknik brainwriting terhadap keterampilan teks menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 10 Kota Sukabumi tahun ajaran 2017/2018. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Postest Design. Jumlah sampel yang diambil yakni 37 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, masingmasing melaksanakan dua kali tes yaitu prates dan pascates. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu teknik brainwriting berpengaruh pada keterampilan siswa dalam menulis cerita pendek yang dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata pada prates 67 sedangkan nilai rata-rata pada pascates 78. Hasil yang diperoleh dari penelitian berdasarkan perhitungan statistik uji-t adalah thitung < ttabel yakni t hitung = 16,28 dan tabel = 1,68830. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan teknik brainwriting terhadap keterampila menulis cerita pendek siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, cerita pendek, teknik brainwriting
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 18 Jul 2018 03:52
Last Modified: 18 Jul 2018 03:52
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item