PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI TEKNIK KOLASE PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Jahra, Julfatu and Maula, Luthfi Hamdani and Nurasiah, Iis (2022) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI TEKNIK KOLASE PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8 (3). pp. 877-883. ISSN 2579-4442

[img] Text
index.html

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kreativitas siswa yang masih rendah. salah satu kegiatan pembelajaran yang diduga dapat mengembangkan kreativitas anak adalah dengan kegiatan membuat karya kolase. Dalam kegiatan membuat kolase, anak dapat berkreasi sesuai dengan kreativitas mereka masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan teknik kolase. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu pada siswa kelas IV SDN Ciseureuh tahun ajaran 2021/2022 yang ber jumlah 14 partisipan, terdiri dari 3 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata 50,45 kategori mulai berkembang, pada siklus I meningkat menjadi 74,11 kategori berkembang sesuai harapan, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,50 kategori berkembang sangat baik. Dari hasil tersebut maka maka kesimpulan penelitian ini adalah metode kolase dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SDN Ciseureuh.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kreativitas, seni rupa, teknik kolase
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:04
Last Modified: 16 Dec 2022 02:04
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2850

Actions (login required)

View Item View Item