PENGARUH METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA KIT IPA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA SEKOLAH DASAR

Fauziah, Siti Restu and Sutisnawati, Astri and Nurmeta, Irna Khaleda and Hilma, Ai (2022) PENGARUH METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA KIT IPA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas (JCP), 8 (2). pp. 457-467. ISSN 2579-4442

[img] Text
2283

Download (42kB)

Abstract

Kemampuan literasi sains harus ditunjang oleh rasa ingin tahu siswa terhadap materi pembelajaran IPA di sekolah dasar. Mengkonstruksi rasa ingin tahu yang sempat terhambat oleh pandemi Covid yang dimulai sekitar tahun 2020 menjadi tantangan bagi seorang guru. Penelitian ini bertujuan mengetahuai pengaruh media KIT IPA terhadap kemampuan literasi sains dan karakter rasa ingin tahu siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Subjek penelitian kelas III SD Negeri 3 Sagaranten dengan 16 siswa di kelas eksperimen dan 15 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesnioner untuk mengukur rasa ingin tahu siswa dan soal evaluasi untuk mengukur kemampuan literasi sains. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan soal tes kemampuan literasi sains. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mengukur rasa ingin tahu siswa dan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian ini terkait kemampuan literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains pada materi perubahan energi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, rasa ingin tahu siswa menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dengan kategori kemampuan sudah terbiasa, sedangkan di kelas control dengan kemampuan mulai berkembang. Dengan demikian, Media KIT IPA memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi sains dan rasa ingin tahu siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: karakter rasa ingin tahu, kemampuan literasi sains, media KIT IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 09 Nov 2022 05:55
Last Modified: 09 Nov 2022 05:55
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2825

Actions (login required)

View Item View Item