ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM RANGKA MANUSIA

Novriansyah, Aldy (2017) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM RANGKA MANUSIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat.jpg

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan Pembimbing.jpg

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian deskriptif dengan judul “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Problem Solving pada Konsep Struktur dan Fungsi Rangka Manusia”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model problem solving. Subjek penelitian adalah siswa SMPN 6 kelas VIII C Kota Sukabumi pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 29 siswa yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data pada penelitian yaitu berupa soal keterampilan berpikir kritis, angket respon, wawancara guru dan LKS. Hasil yang diperoleh dari penelitian menujukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa melalui soal KBK dengan rata-rata skor yaitu 73% (Baik) dengan 5 indikator berpikir kritis yaitu memfokuskan pertanyaan 75%, menganalisis pertanyaan 69%, bertanya dan menjawab pertanyaan tentang suatu penjelasan 75%, mengobservasi dan mempertimbangkan suatu laporan hasil observasi 67% dan mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak 79% dengan ini dapat dilihat bahwa keterampilan berpikir kritis dapat diungkapkan dengan model pembelajaran problem solving. Respon guru dan siswa terhadap model problem solving dalam menganalisis keterampilan berpikir kritis pada konsep struktur dan fungsi rangka manusia memberikan respon positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model problem solving, Kemampuan berpikir kritis, struktur dan fungsi sistem rangka manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 04 Jul 2018 02:18
Last Modified: 04 Jul 2018 02:18
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item View Item