ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS

Sitanggang, Natalia and Lukman, Hamidah Suryani and Nurcahyono, Novi Andri (2021) ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5 (1). pp. 34-42. ISSN 2598-6422

[img] Text
1246

Download (31kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan taksonomi SOLO. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitataif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 35 siswa kemudian dipilih 3 siswa dengan teknik purpose sampling yang dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu kemampuan pemecahan masalah tinggi, kemampuan memecahan masalah sedang, dan kemampuan pemecahan masalah rendah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa soal HOTS dan pedoman wawancara. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi metode dengan membandingkan hasil wawancara dengan hasil tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah rendah mencapai level unistructural. Siswa memahami masalah secara terbatas dan melakukan penyelesaian terbatas berdasarkan sepenggal informasi sehingga kesimpulan yang diperoleh kurang tepat. Siswa dengan kemampuan sedang mencapai level multistructural. Siswa memahami masalah dan dapat merencanakan dan memilih strategi penyelesaian dengan menggunakan rumus Pythagoras, keliling dan luas layang-layang. Siswa juga melakukan penyelesaian namun siswa tidak dapat menghubungkan antara konsep matematika yang digunakan dengan informasi yang ada sehingga siswa tidak dapat menarik kesimpulan yang tepat. Siswa dengan kemampuan tinggi mencapai level relasional. Siswa memahami masalah masalah dan merencanakan serta meilih strategi penyelesaian. Siswa melakuka perhitungan dengan mengaitkan konsep matematika dengan informasi yang ada sehingga memperoleh kesimpulan yang tepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: mathematical problem solving; higher order thinking skill; SOLO taxonomy
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:17
Last Modified: 23 Mar 2022 07:17
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item View Item