PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMUATAN KONTEKSTUAL ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Saripudin, Gaya and Mulyanti, Yanti and Balkist, Pujia Siti (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMUATAN KONTEKSTUAL ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. utile: Jurnal Kependidikan, 7 (1). pp. 10-17. ISSN 2599-1124

[img] Text
1124

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas bahan ajar matematika bermuatan kontekstual islami terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Tahap-tahap dalam pengembangan ini yaitu: Define, Design, Develop, Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penelitian menghasilkan kelayakan bahan ajar bermuatan kontekstual islami terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, 2) kelayakan bahan ajar bermuatan kontekstual islami terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa layak digunakan berdasarkan a) hasil validasi ahli materi materi bahan ajar yang dikembangkan memiliki nilai 120 dari 144 yang jika dipersentasekan mendapat nilai 83,33% dengan rata-rata skor 3,33 dari 4. Artinya, bahan ajar bermuatan kontekstual islami terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dikembangkan berada di kategori valid/sangat baik untuk digunakan, b) hasil validasi ahli media bahan ajar yang dikembangkan memiliki nilai 39 dari 48 yang jika dipersentasekan mendapat nilai 81,25% dengan rata-rata skor 3,25 dari 4. Artinya, bahan ajar bermuatan kontekstual islami terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dikembangkan berada di kategori valid/sangat baik untuk digunakan, c) hasil validasi ahli agama bahan ajar yang dikembangkan memiliki nilai 88 dari 108 yang jika dipersentasekan mendapat nilai 81,48% dengan rata-rata skor 3,25 dari 4. Artinya, bahan ajar bermuatan kontekstual islami terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dikembangkan berada di kategori valid/sangat baik untuk digunakan. Secara umum bahan ajar bermuatan kontekstual islami terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dikembangkan layak digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Muatan Konstektual Islami, Pemahaman Konsep Matematis Siswa,Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:29
Last Modified: 21 Mar 2022 07:29
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2244

Actions (login required)

View Item View Item