IMPLEMENTASI METODE FUZZY MAMDANI DALAM SIMULASI PENENTUAN PEMENANG GIVEAWAY DI AKUN ONLINE SHOP INSTAGRAM

Arrafi Sabari, Laxmi Mardhiyyah and Hartawan, George Pri (2020) IMPLEMENTASI METODE FUZZY MAMDANI DALAM SIMULASI PENENTUAN PEMENANG GIVEAWAY DI AKUN ONLINE SHOP INSTAGRAM. Santika : Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 10 (1). pp. 73-83. ISSN 2621-900X

[img] Text
1364

Download (24kB)

Abstract

Pengambilan simpulan dari semua fakta yang ada sangat penting dilakukan pada sebuah prosespenalaran, salah satunya ialah dengan cara menggunakan sebuah logika. Kegiatan giveawaymerupakan salah satu cara untuk menarik perhatian pasar, kegiatan inipun dinilai ampuh dalamstrategi marketing yang ada pada saat ini. Tentunya dengan memperhatikan kriteria danpersyaratan tertentu. Oleh karena itu, akun @laxproject_ menggunakan kegiatan ini untukmendapatkan keuntungan positif. Dalam pelaksanaan simulasi penentuan pemenang dikegiatanyang diselenggarakan, penalaran yang digunakan ialah bedasarkan dua himpunan awal yaitubanyaknya Jumlah Transaksi (JT) dan Besar Transaksi (BT). Dalam hal ini juga dapatdilakukan beberapa metode penalaran, contohnya menggunakan logika preposisi. Adapundalam logika preposisi, proses penalaran simpulan dinilai kurang tepat karena dalam prosesnyalogika preposisi masih menunjukan data yang bersifat samar yang dinilai kurang manusiawi.Maka, pada penelitian ini metode Fuzzy Mamdani dipakai dalam proses simulasi penentuanpemenang giveaway agar data yang dihasilkan ialah data yang valid. Metode ini terdiri dari 3tahap, yaitu Fuzzifikasi, Inferensi dan Defuzzifikasi. Dalam penelitian ini diujikan contohkasus yang dimasukkan kedalam model fuzzy Mamdani terhadap partisipan giveaway denganidentitas Jumlah Transaksi (JT) = 6 dan Besaran Transaksi (BT) = 5.000.000, memiliki nilaikelayakan sebagai pemenang giveaway sebesar 68,18. Dengan adanya nilai ini maka prosespenentuan pemenang giveaway bisa diperkirakan karena setiap partisipan memiliki nilaikelayakan berupa nilai (crisp set) yang sifatnya jelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemenang; Giveaway; Metode Fuzzy Mamdani; Toko Online; Instagram; Simulasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 17 Mar 2022 07:32
Last Modified: 17 Mar 2022 07:32
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2220

Actions (login required)

View Item View Item