PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTs KELAS VIII

Rohimah, Dede and Suhendar, Suhendar and Ramdhan, Billyardi (2020) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTs KELAS VIII. Jurnal Bioeducation, 7 (2). pp. 45-55. ISSN 2527-6522

[img] Text
2118

Download (28kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk penelitian profil kemampuan berpikir kritis siswa MTs kabupaten sukabumi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November ke-2 tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan menggunakan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Mts Al-Muhajirin tentang penelitian ini Instrumen yang digunakan mengenai soal-soal kritisitas uraian soal lima butir soal dengan indikator 1) memfokuskan pertanyaan; 2) menyetujui asumsi; 3) mengobservasi dan mempertimbangkan suatu pengamatan; 4) memutuskan suatu tindakan; juga 5) membuat dan mempertimbangkan nilai keputusan.Hasil tes kemampuan berfikir kritis siswa dikategorikan rendah dengan persentase nilai kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata sebesar 44%. Pada umumnya proses pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga siswa menjadi tidak nyaman dan nyaman karena siswa hanya menghafal dalam belajar yang disebabkan karena guru tidak memfasilitasi siswa dalam belajar dengan cara membuat siswa yang senang belajar menjadi kurang. Namun, hasil tersebut dapat ditingkatkan. Salah satu model pembelajaran yang disarankan adalah model pembelajaran vee heuristik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: deskriptif, kemampuan berpikir kritis, deskriptif, kualitatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 06 Aug 2021 08:41
Last Modified: 06 Aug 2021 08:41
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item View Item