PEER TEACHING PADA PERMAINAN FUTSAL TERHADAP PERILAKU SOSIAL

Ishak, Muchamad (2017) PEER TEACHING PADA PERMAINAN FUTSAL TERHADAP PERILAKU SOSIAL. In: Seminar Nasional Pendidikan 2017, 09 Agustus 2017, Sukabumi.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. PEER TEACHING PADA PERMAINAN FUTSAL TERHADAP PERILAKU SOSIA.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: untuk mengetahui pengaruh peer teaching pada pembelajaran passing bola terhadap perilaku sosial dalam permainan futsal. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan control group Pre-test – Post-test design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Cililin kelas X terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 320 orang. Berdasarkan karakteristik dan generalisasi sampel maka pada peneliti ini menggunakan teknik random sampling dan didapat sampel sejumlah 40 siswa. Berdasarkan pengolahan dan analisis data bahwa hasil penghitungan menunjukkan t hitung kelompok model peer teaching sebesar 5.87 berada di luar daerah t tabel pada tingkat peluang 0.05 dan derajat kebebasan 39 yaitu 2.093 maka dengan demikian penerapan model peer teaching memberikan pengaruh yang signifikan. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa t hitung kelompok model konvensional sebesar 6.09 berada di luar daerah t tabel pada tingkat peluang 0.05 dan derajat kebebasan 39 yaitu 2.093, maka dengan demikian penerapan model konvensional memberikan pengaruh yang signifikan. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa t hitung kelompok model peer teaching dan model konvensional sebesar 3.09 berada berada di daerah t tabel pada tingkat peluang 0.05 dan derajat 38 yaitu 2.021 berarti Ho : ditolak. Kesimpulannya adalah pembelajaran menggunakan model peer teaching dalam permainan futsal memberikan efektivitas yang lebih signifikan terhadap perubahan perilaku sosial. Hal ini berdasarkan analisis hipotesis menunjukan bahwa penerapan model peer teaching rerata sebesar 15.50 sedangkan penerapan model konvensional rerata sebesar 12.25.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Peer Teaching, Passing Bola, Perilaku Sosial dan Permainan Futsa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 25 Sep 2017 08:56
Last Modified: 27 Sep 2017 04:15
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item View Item