Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 1 Cisaat

Susilawati, Leni and Ramdhan, Billyardi (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 1 Cisaat. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi dan Sains, 1 (1). pp. 56-67. ISSN 1978-2537

[img]
Preview
Image
Cover.jpg

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Image
Daftar Isi.jpg

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 1 Cisaat.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 1 Cisaat", bertujuan untuk memperoleh informasi secara empiris mengenai penerapan model pembelajaran CTL terhadap keterampilan proses sains siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonrandomized control group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan meliputi tes keterampilan proses sains dan angket. Keterampilan proses sains yang diteliti pada penelitian ini adalah keterampilan mengamati, menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep, menafsirkan pengamatan, dan verkomunikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran CTL berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa secara signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ModeL pembelajaran CTL, Keterampilan proses sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 03 Jun 2017 03:36
Last Modified: 23 Jan 2019 07:56
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item