HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS XI MA NURUL HUDA KABUPATEN SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Hasanah, Zulfatullailah (2018) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS XI MA NURUL HUDA KABUPATEN SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan berpidato siswa kelas XI MA Nurul Huda Kabupaten Sukabumi Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Nurul Huda sejumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah dengan angket kepercayaan diri dan tes kemampuan berpidato. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi sederhana dan korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh/hubungan kepercayaan diri terhadap kemampuan berpidato siswa kelas XI MA Nurul Huda yang bersifat linear yang dibuktikan dengan nilai keberartian regresi Fo = 9,06 lebih besar dari Ft = 4,13 (Fo > Ft) dan nilai linieritas Fo = 0,38 lebih kecil dari Ft = 2,74 (Fo < Ft); (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dan kemampuan berpidato siswa kelas XI MA Nurul Huda yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi rxy = 0,436 dan uji signifikansinya diperoleh nilai t hitung = 2,823 dan nilai tabel uji-t untuk taraf signifikan 5% dengan n = 36 diperoleh nilai sebesar 2,026, sehingga t hitung > t tabel. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat dinyatakan bahwa kepercayaan diri bepengaruh terhadap kemampuan berpidato siswa. Serta peningkatan kepercayaan diri siswa diikuti peningkatan kemampuan berpidato mereka, begitu pun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, kemampuan berpidato
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 04 Dec 2018 04:24
Last Modified: 04 Dec 2018 04:24
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item