PERSEPSI KEPALA SEKOLAH DAN GURU PJOK TENTANG KEBIJAKAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MAPEL PENJASORKES SMP DI KOTA SAMARINDA

Fauzi, Muhammad Sukron and Sapulete, Jance J and Jupri, Jupri (2018) PERSEPSI KEPALA SEKOLAH DAN GURU PJOK TENTANG KEBIJAKAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MAPEL PENJASORKES SMP DI KOTA SAMARINDA. In: Seminar Nasional PENJAS UMMI 2018, 28 Juli 2018, Sukabumi.

[img] Image
COVER PROSIDING SEMNAS PENJAS UMMI (1).png

Download (551kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
Hal. 58-64 (M. Sukron Fauzi).pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi kepala sekolah dan guru tentang kebijakan implementasi kurikulum 2013 mengenai pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran Penjasorkes SMP di Kota Samarinda. Metode Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah evaluasi model evaluatif responsif yang bertujuan untuk mencari respon/tanggapan kepala sekolah dan guru PJOK tentang kebijakan implementasi kurikulum 2013. Populasi dalam penelitian ini 81 SMP dan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 SMP di Kota Samarinda. Teknik sampel yang digunakan adalah Proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara ditujukan kepada kepala sekolah dan kuesioner ditujukan kepada guru PJOK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PJOK SMP di Kota Samarinda telah dilaksanakan sesuai acuan pada format dan pedoman kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah. Tetapi terdapat kendala, yakni aspek ketersediaan dan kondisi sarana prasarana untuk proses pembelajaran yang belum memadai, serta masih kurangnya kemampuan guru atau sumber daya manusia (SDM) guru dalam membuat dan menerapkan model pembelajaran dalam penerapan Kurikulum 2013.Terkait persepsi, kepala sekolah mengapresiasi kebijakan pemerintah dalam pemberhentian sementara Kurikulum 2013. Kepala sekolah menilai pemberhentian perlu untuk dilakukan dengan adanya evaluasi-evaluasi serta perbaikan dan persiapan yang lebih baik lagi terkait implementasi Kurikulum 2013 di antaranya peningkatan sumber daya manusia (SDM) guru, sarana prasarana dan mengkaji ulang lagi penilaian Kurikulum 2013. Simpulan adalah pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kota Samarinda ini sudah berjalan sesuai dengan format, pedoman dan kebijakan dari pemerintah tentang implementasi Kurikulum 2013.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, kepala sekolah dan guru pjok, kebijakan, implementasi kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 27 Sep 2018 02:20
Last Modified: 27 Sep 2018 08:08
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item View Item