Penilaian Autentik (Authentic Assessment) Dalam Pembelajaran Menulis Pada Kurikulum 2013

Arvianto, Faizal (2016) Penilaian Autentik (Authentic Assessment) Dalam Pembelajaran Menulis Pada Kurikulum 2013. In: Seminar Nasional Paramasastra 4.

[img]
Preview
Text
Cover Paramasastra 4.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Penilaian Autentik (Authentic Assessment) dalam Pembelajaran Menulis Pada Kurikulum 2013.compressed.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perubahan paradigma pendidikan dari behavioristik ke konstruktivistik tidak hanya menuntut adanya perubahan dalam proses pembelajaran tetapi juga dalam melaksanakan penilaian. Dalam pembelajaran berbasis konstruktivisme, penilaian pembelajaran tidak hanya ditujukan untuk mengukur tingkat kemampuan kognitif, tetapi mencakup seluruh aspek kepribadian siswa, seperti perkembangan moral, perkembangan emosional, perkembangan sosial, dan aspek-aspek kepribadian individu lainnya. Oleh karenanya, pengembangan Kurikulum 2013 juga menempatkan penilaian dalam posisi yang penting dengan memberikan pedoman pengembangan penilaian yang bersifat umum yang berlaku untuk semua mata pelajaran dan bersifat khusus untuk tiap mata pelajaran. Penilaian autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Penilaian autentik mampu menggambarkan peningkatan hasil belajar peserta didik, baik dalam rangka mengobservasi, menalar, mencoba, dan membangun jejaring. Penilaian autentik (authentic assessment) adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Penilaian autentik mampu menggambarkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan apa yang sudah atau belum dimiliki oleh peserta didik, bagaimana mereka menerapkan pengetahuannya, dan dalam hal apa mereka sudah atau belum mampu menerapkan perolehan belajar. Atas dasar tersebut, guru dapat mengidentifikasi materi apa yang sudah layak dilanjutkan dan materi apa yang masih memerlukan kegiatan remidial.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: penilaian autentik, menulis, kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 22 Feb 2017 07:55
Last Modified: 24 Feb 2017 07:32
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item View Item