Arvianto, Faizal (2016) Sumbangan Kecerdasan Emosional Dan Minat Menulis Terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Metalingua : Jurnal Penelitian Bahasa, 14 (2). pp. 151-165. ISSN 1693-685x
|
Image
Cover.jpg Download (560kB) | Preview |
|
|
Image
Daftar Isi.jpg Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
SUMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT MENULIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI PADA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SEBELAS MARE.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara: (1) kecerdasan emosional dan kemampuan menulis argumentasi; (2) minat menulis dan kemampuan menulis argumentasi; serta (3) kecerdasan emosional dan minat menulis secara bersama-sama dengan kemampuan menulis argumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta di provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan strategi survei melalui studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiwa Semester VI Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta, sedangkan sampelnya berjumlah 100 orang yang dijaring dengan teknik cluster sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan menulis argumentasi, angket kecerdasan emosional, dan angket minat menulis. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi (sederhana/ganda) dan korelasi (sederhana/ganda). Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dan kemampuan menulis argumentasi, dengan perolehan r_(X_1 y) = 0,54 melalui garis regresi linier sederhana Ŷ = 37,92 + 0,48 X1; (2) ada hubungan positif antara minat menulis dan kemampuan menulis argumentasi, dengan perolehan r_(X_2 y) = 0,56 melalui garis regresi linier sederhana Ŷ = 35,12 + 0,48 X2; dan (3) ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan minat menulis secara bersama-sama dengan kemampuan menulis argumentasi, dengan perolehan〖 r〗_y12 = 0,56 melalui garis regresi linier ganda Ŷ = 35,56 - 0,01X1 + 0,48X2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis argumentasi ditentukan oleh kecerdasan emosional dan minat menulis. Kata kunci: kemampuan menulis argumentasi, kecerdasan emosional, minat menulis
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menulis argumentasi, kecerdasan emosional, minat menulis |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 03:50 |
Last Modified: | 24 Feb 2017 07:33 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/41 |
Actions (login required)
View Item |