Perkembangan Kurikulum Indonesia

Arvianto, Faizal (2016) Perkembangan Kurikulum Indonesia. CV KEKATA GROUP. ISBN 978-602-6413-39-0

[img] Image
Cover Perkembangan Kurikulum.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan. Kurikulum diharapkan dapat menunjukkan hasil pendidikan atau pengajaran yang telah dipelajari dan dialami oleh peserta didik. Akan tetapi, hasil pendidikan tidak dapat diketahui dengan segera setelah peserta didik menyelesaikan suatu program pendidikan. Dalam implementasinya, kurikulum perlu mengalami pembaharuan sebab tidak ada satu pun kurikulum yang selalu sesuai sepanjang masa. Kurikulum harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang senantiasa cenderung berubah dari masa ke masa. Pembaharuan ini dimulai dari perubahan konsepsional yang fundamental yang diikuti oleh perubahan struktural. Selanjutnya, pembaharuan dapat digolongkan menjadi dua yaitu pembaharuan bersifat sebagian dan pembaharuan bersifat menyeluruh. Pembaharuan dikatakan bersifat sebagian apabila hanya terjadi pada komponen tertentu saja misalnya pada tujuan saja, isi saja, metode saja, atau pada sistem penilaiannya saja. Pembaharuan kurikulum dikatakan bersifat menyeluruh bila mencakup perubahan semua komponen kurikulum. Oleh karena itu, sebagai konsekuensi dari perubahan kurikulum, segala bentuk operasionalisasi kurikulum juga akan turut serta mengalami perubahan.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kurikulum Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 22 Feb 2017 02:39
Last Modified: 22 Feb 2017 08:22
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item View Item