PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI PADA PELAJARAN BANGUN DATAR SISWA KELAS V

Pranata, Ariyani and Lyesmaya, Dyah and Maula, Luthfi Hamdani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI PADA PELAJARAN BANGUN DATAR SISWA KELAS V. Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (1). pp. 3142-3148. ISSN 2548-6950

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir komputasional pada pembelajaran bangun datar siswa kelas V semester genap SDN 01 Parakansalak tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel untuk penelitian ini diambil dari dua kelas yang terdiri dari satu kelas seabgai kelas eskperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang menggunkan model pembeljaran konvensional dengan teknik Stratified Random Sampling. Analisis data dilakukan terhadap rata-rata pretest dan postest antara dua kelompok sampel. Analisis data kemampuan berpikir komputasi menunjukkan nilai sig (2-tailed)<0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk mengetahui kemampuan berpikir komputasi matematika siwa penulis melakukan tes dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PJBL, Berpikir Komputasi, Bangun Datar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 14 Jan 2025 02:56
Last Modified: 14 Jan 2025 02:56
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/3931

Actions (login required)

View Item View Item