Pranata, Ariyani and Lyesmaya, Dyah and Maula, Luthfi Hamdani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI PADA PELAJARAN BANGUN DATAR SISWA KELAS V. Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (1). pp. 3142-3148. ISSN 2548-6950
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir komputasional pada pembelajaran bangun datar siswa kelas V semester genap SDN 01 Parakansalak tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel untuk penelitian ini diambil dari dua kelas yang terdiri dari satu kelas seabgai kelas eskperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang menggunkan model pembeljaran konvensional dengan teknik Stratified Random Sampling. Analisis data dilakukan terhadap rata-rata pretest dan postest antara dua kelompok sampel. Analisis data kemampuan berpikir komputasi menunjukkan nilai sig (2-tailed)<0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk mengetahui kemampuan berpikir komputasi matematika siwa penulis melakukan tes dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran PJBL, Berpikir Komputasi, Bangun Datar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 02:56 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 02:56 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/3931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |