Mulyanti, Yanti (2016) KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA MELALUI MEANS ENDS ANALYSIS (MEA). UMMI : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan teknologi, 10 (2). pp. 61-68. ISSN 1907-7750
Text
Cover dan Barcode Vol 10 No 2 agl 2016.pdf Download (300kB) |
|
Text
5. KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF.pdf Download (236kB) |
Abstract
Salah satu tujuan pendidikan matematika di sekolah yaitu diharapkan agar siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif. Kreatif muncul karena adanya motivasi yang kuat dari diri individu. Apabila kebiasaan berpikir kreatif matematik berlangsung secara berkelanjutan maka secara akumulatif akan tumbuh situasi disposisi (disposition) terhadap berpikir kreatif matematik. Disposisi berpikir kreatif merupakan keinginan, kesadaran, kecenderungan dan dedikasi yang kuat bagi siswa untuk berpikir dan berbuat dengan cara positif. Pada dasarnya kemampuan dan disposisi berpikir kreatif matematik adalah kemampuan esensial yang perlu dimiliki oleh dan dikembangkan pada siswa yang belajar matematika. Karena kemampuan dan disposisi tersebut sesuai dengan Visi Matematika, Tujuan Pendidikan Nasional, dan Tujuan Pembelajaran Matematika Sekolah serta diperlukan untuk menghadapi susana bersaing yang semakin ketat. Melalui model pembelajaran Means-Ends Analisys (MEA) siswa diantarkan pada konsep baru yang mereka temukan dari hasil pemecahkan masalah. Proses pemecahan masalah dilakukan secara bertahap, dari masalah yang diberikan dibuat sub-sub masalah kemudian diselesaikan satu persatu sehingga tidak membebani siswa. Proses memecahkan masalah menggunakan kemampuan yang dimiliki berpengaruh terhadap disposisi matematik siswa, dalam hal ini disposisi berpikir kreatif matematik siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disposisi Berpikir Kreatif Matematik, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik, Means-Ends Analisys (MEA). |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 29 Aug 2018 05:31 |
Last Modified: | 29 Aug 2018 05:31 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/378 |
Actions (login required)
View Item |