Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Winarti, Wiwin and Sutisnawati, Astri and Maula, Luthfi Hamdani (2023) Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 7 (3). pp. 2518-2525. ISSN 2656-6753

[img] Text
5496

Download (34kB)

Abstract

Membaca merupakan proses belajar yang dapat menghasilkan pengetahuan dan wawasan dari sumber informasi yang dibaca. Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Jika anak pada usia sekolah permulaan tidak segera memiliki kemampuan membaca maka ia akan mengalami kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi pada kelas- kelas berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring dengan menggunakan media cerita bergambar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II Sekolah Dasar. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023 dalam dua siklus, setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas II Sekolah Dasar yang berjumlah 20 Peserta Didik yaitu 12 laki-laki dan 8 Perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sementara instrument pengumpulan data menggunakan tes tulis dan lembar observasi. Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. media cerita bergambar dapat meningkatkan keterapilan membaca nyaring siswa kelas 2 SD Negeri Bantar Panjang dengan perolehan nilai observasi siswa dan guru yang mengalami peningkatan dari siklus I menuju Siklus II dan telah memperoleh nilai rata-rata nilai keterampilan yang meningkat juga dari perolehan 40% di siklus I menjadi 80% di siklus II. Data berikut menunjukkan bahwa adanya peningkatan keteramplan siswa dalam membaca nyaring dengan menggunakan media cerita bergambar baik dari aspek kelancaran membaca, ketepatan intonasi dan pelapalan maupun kenyaringan suara.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Membaca Nyaring, Media Cerita Bergambar, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:53
Last Modified: 08 Aug 2024 02:53
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/3726

Actions (login required)

View Item View Item