PENGARUH PMBELAJRAN PRYEK ZERO WASTE TERHADAP KOMPETENSI KOLABRASI DANKESADARAN DIRI PADA KONSEP PERUBAHAN IKLIM

DamayantI, Teti and Juhanda, Aa and Suhendar, Suhendar (2023) PENGARUH PMBELAJRAN PRYEK ZERO WASTE TERHADAP KOMPETENSI KOLABRASI DANKESADARAN DIRI PADA KONSEP PERUBAHAN IKLIM. BIOEDUSCIENCE, 7 (3). pp. 271-719. ISSN 2614-1558

[img] Text
508

Download (96kB)

Abstract

Kompetensi kolaborasi dan kompetensi kesadaran diri peserta didik di sekolah masih rendah. Kompetensi kolaborasi dan kompetensi kesadaran diri yang rendah memerlukan aktifitas pembelajaran yang dapat membekalkan kompetensi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran zero waste terintegrasi ESD terhadap kompetensi kolaborasi dan kesadaran diri. Methods: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII. Results: Kompetensi kolaborasi dan kesadaran diri, hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent sample T-test memperoleh nilai sig. 2-tailed 0.000 yang menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan. Selain itu, pada penelitian ini dilakukan uji korelasi terhadap kompetensi kolaborasi dengan kompetensi kesadaran diri. Hasil uji antar kedua kompetensi tersebut menunjukan korelasi positif dengan nilai 0.596 yang berada dalam kategori cukup kuat. Conclusion: Pembelajaran dengan menggunakan model proyek zero waste yang terintegrasi ESD pada konsep perubahan iklim berpengaruh terhadap kompetensi kolaborasi dan kesadaran diri dengan nilai signifikansi dari hasil uji statistik independent sample T-test 0.000. Selain kedua kompetensi ini dapat ditingkatkan melalui pembelajaran proyek, Kompetensi kolaborasi dan kompetensi kesadaran diri saling berkorelasi positif dengan nilai korelasi 0, 596 termasuk kategori cukup kuat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Education for Sustainable development, kompetensi kolaborasi, kompetensi Kesadaran diri
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Heriska Heriska
Date Deposited: 30 Jun 2024 17:30
Last Modified: 30 Jun 2024 17:30
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/3710

Actions (login required)

View Item View Item