Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar

Nuranissa, Siti Rizki and Sutisnawati, Astri and Maula, Luthfi Hamdani (2023) Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 6 (3). pp. 578-586. ISSN 2620-5246

[img] Text
index.html

Download (31kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan secara eksplisit keterampilan membaca siswa sekolah dasar khususnya dalam membaca teks bahasa sunda berjudul Kuya Ngagandong Imahna. Partisipan penelitian ialah 25 siswa kelas 2 SDN Cilengo. Pengumpulan data melalui tes membaca lisan dan observasi. Mengacu pada perolehan skor tes membaca lisan, yaitu a) nilai paling besar 90, b) nilai paling kecil 65, dan c) mean sebesar 80. Dengan rincian nilai tersebut keterampilan membaca siswa yang menjadi subjek penelitian dapat dikatakan cukup lancar dalam membaca dongeng sunda berjudul Kuya Ngagandong Imahna. Hasil akhirnya ialah siswa mampu mengidentifikasi huruf dengan benar, melafalkan kata dengan cukup akurat, membaca dengan lancar dan menjawab pertanyaan seputar isi bacaan secara tepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca, bahasa sunda, fabel
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heriska Heriska
Date Deposited: 22 May 2024 15:36
Last Modified: 22 May 2024 15:36
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/3557

Actions (login required)

View Item View Item