PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PEDAN

Wulandari, Heni (2017) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PEDAN. UMMI : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan teknologi, XI (1). pp. 17-21. ISSN 1907-7750

[img] Image
Cover.jpg

Download (697kB)
[img] Text
Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PEDAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan peneliiian ini adalah iintuk mengetahui: (1) adakah pengai-uh sigftnikan penerapan metode Diskusi terhadap presiasi belajar Ahintansi. (2) adakah penganih signfikan antara kemandirian belajar tinggi dan kemandirian helajar rendah terhadap presiasi helajar Akiiniansi. (3) adakah inleraksi penganih yang signiflkan aniara metode pembelajaran dengan kemandirian belajar Akiintansi. Jenis penelitian ini adalah hianfitatif eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Popidasi dalam penelitian ini adalah selunih peseria didik kelas X Akimtansi SMK Negeri I Peadn di Kabupaten Klaten Tahvn Pelajaran 2013/2014 sejumlah 390. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 72 peserta didik. Data presiasi belajar diambil dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Data kemandirian belajar diambil dengan menggunakan angket berbentuk .skala. Analisis data menggunakan analisis variansi (amva) dua jalan. Hasil pengujian hipolesis menunjukkan hahwa (1) ada penganih metode diskusi terhadapprestasi belajar akunlansiv(p: 0.000 < a: 0,05). (2) tidak terdapatperbedaan yang signifikan kemandirian belajar tinggi dan kemandirian belajar rendah terhadap prestasi belajar Akuntansi (p: 0.59 > a: 0,05). (3). Tidak terdapat inleraksi pengaruh metode pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap prestasi helajar Akuntansi. (p: 0.185 > a: 0,05).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Diksusi, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar:
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 14 Aug 2018 04:13
Last Modified: 14 Aug 2018 04:13
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item View Item