Akbar, Fadhil Faizal and Asriyanik, Asriyanik and Az-Zahra, Fathia Frazna (2023) IMPLEMENTASI OBJEK & LINTASAN LOOPING DENGAN METODE OBJECT POOLING PADA GAME CAFFEINE RUSH. SEBATIK, 27 (1). pp. 155-161. ISSN 2621-069X
Text
2236 Download (44kB) |
Abstract
Perkembangan era teknologi saat ini telah terjadi banyak perubahan yang sangat pesat, salah satunya adalah perkembangan game di seluruh dunia. Sudah banyak sekali game yang dibuat dan juga sudah banyak variasi dari jenis game itu sendiri, salah satu contohnya adalah game bergenre cafein rush. Game Caffeine Rush sendiri menerapkan bentuk menggunakan metode Game Development Life Cycle sebagai bentuk pemodelannya, lalu implementasi instantiate & destroy karena dapat memunculkan lalu menghancurkan game object. Akan tetapi, implementasi tersebut belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena dapat menghambat kinerja CPU serta menumpuknya penyimpanan sampah (cache). Namun, ada metode yang lebih baik dalam mengoptimalkan pelaksanaan pembuatan dan penghapusan objek secara masif yaitu dengan metode object pooling, dimana perbedaannya pada metode ini menggunakan cara mengaktifkan dan menonaktifkan objek. Sehingga dengan cara ini akan mengoptimalkan permainan agar performanya tidak turun dan penggunaan memori tidak terlalu memakan banyak tempat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game, Game Object, Object Pooling, Instantiate & Destroy, Game Development Life Cycle, Cache |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 08:31 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 08:31 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/3344 |
Actions (login required)
View Item |