Analisis Persepsi Manfaat Dan Faktor Sosial Terhadap Minat Dalam Menggunakan Aplikasi Go-Pay

Authors

  • Rana Putra Pamungkas Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dicky Jhoansyah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v4i1.1290

Keywords:

Persepsi Manfaat, Faktor Sosial, Minat

Abstract

Studi ini memiliki tujuan untuk mengungkap pengaruh manfaat yang dirasakan dan faktor sosial dalam menggunakan aplikasi Go-Pay. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Go-Pay Universitas Mohammadiya Sukabumi sebanyak 5.252 mahasiswa dan sampel yang peneliti ambil adalah 364,91 dibulatkan 365 mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Sukabumi yang menggunakan Go-Pay. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda, koefisien korelasi ganda, dan koefisien determinasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji gabungan (uji-f) dan uji parsial (uji-t). Hasilnya menunjukkan, sebagian, bahwa manfaat yang dirasakan dan faktor sosial mempengaruhi minat menggunakan aplikasi Go-Pay.

Kata Kunci: Persepsi Manfaat, Faktor Sosial, Minat

References

Afifah, F., Komariah, K., & Norisanti, N. (2020). Efektivitas E-Service Quality dan Customer Feedback terhadap Keputusan Menggunakan Aplikasi Reddoorz. Jurnal Ilmu Manajemen. https://doi.org/10.32502/jimn.v9i2.2561

Ar Rasyid, R., Sunarya, E., & M Ramdan, A. (2020). Analisis Minat Menggunakan Mobile Payment Dengan Pendekatan Technology Accpetance Model Pada Pengguna Link Aja Sukabumi. HIRARKI?: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. https://doi.org/10.30606/hirarki.v2i2.387

Atriani, A., Permadi, L. A., & Rinuastuti, B. H. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 6(1), 54–61. https://doi.org/10.29303/jseh.v6i1.78

Claudia. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan dan Pengaruh Sosial pada Niat Menggunakan Ulang GO-PAY yang di Moderasi oleh Sikap Terhadap Promosi Penjualan. Universitas Sanata Dharma.

Iprice, D. (2019). Daftar Pengguna Dompet Digital Terbesar di Indonesia Kuartal IV 2017-Kuartal II 2019. Bank Indonesia.

Iskandar. (2019). Aura Kasih Kehilangan Rp 11 Juta di Gopay, Ini Penjelasan Gojek. Www.Liputan6.Com.

Ledesman, M. (2018). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, dan Penggunaan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking (Studi Pada BSM Cabang Bandar Jaya). Skripsi. http://repository.radenintan.ac.id/5269/1/SKRIPSI.pdf

Lisnawati, Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. (2021). Analysis of Brand Image and Online Consumer Reviews on Consumer Loyalty. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis.

Permatasari, R. A. (2017). “Pengaruh Minat Pemanfaatan Dan Penggunaan Aplikasi Mobile Traveloka Melalui Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology. Unika Soegijapranata Semarang.

Rabbani, A. P., Alamsyah, A., & Widiyanesty, S. (2018). Analisa Interaksi User di Media Sosial Mengenai Industri Fintech Menggunakan Social Network Analysis (Studi Kasus: GoPay, OVO dan LinkAja). Jurnal Mitra Manajemen, 2(4), 273–285.

William, T. (2020). Top-up Gopay, Saldo Tidak Masuk, Komplain Langsung Ditutup. Mediakonsumen.Com. https://mediakonsumen.com/2020/12/21/surat-pembaca/top-up-gopay-saldo-tidak-masuk-komplain-langsung-ditutup

YLKI. (2019). Pengaduan Konsumen dan Kinerja OJK.

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Pamungkas, R. P., Jhoansyah, D., & Komariah, K. (2023). Analisis Persepsi Manfaat Dan Faktor Sosial Terhadap Minat Dalam Menggunakan Aplikasi Go-Pay. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 341–349. https://doi.org/10.37385/msej.v4i1.1290