Pengaruh Strategi Diferensiasi Dan Iniovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada IKM Konveksi Di Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.37385/msej.v4i1.1209Keywords:
Strategi Diferensiasi,Inovasi Produk,Keunggulan BersaingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi dieferensiasi dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada IKM konveksi di kecamatan caringin kabupaten sukabumi. Populasi berjumlah 30 yaitu pemilik IKM konveksi dan sampel sebanyak 30 sampel.Teknik analisis data yang digunakan adalah koefisien determinasi dan analisis regresi linier berganda.berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial dan simultan strategi diferensiasi dan inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing pada IKM konveksi kecamatan cairngin kabupaten sukabumi.
Kata Kunci : Strategi Diferensiasi,Inovasi Produk,Keunggulan Bersaing
References
Dalimunthe, Muhammad Bukhori. (2017). Keunggulan Bersaing melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk”. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. 3(1) : 2407- 2648.
Dewi, Ni Putu Diah Erna dan Ni Ketut Seminari. (2017). “Pengaruh Strategi Diferensiasi terhadap Upaya Membangung Keunggulan Bersaing pada hotel Alila Ubud”. E-jurnal Manajemen Ubud. Univesitas Udayana Bali. 6(11) : 2302-8912.
Heriyanto, M., & Paryanti, R. (2015). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Hotel Resty Menara Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).
Husain, R. S. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi produk Terhadap Keunggulan Bersaing Produk Pia Saronde. Skripsi,
Kawurian, S. S. (2014). Analisis Strategi Pemasaran Bersaing Dalam Industri Perhotelan Di Kota Yogyakarta (Doctoral dissertation, UAJY).
Kusnandar, V.B (2022) Ekspor Industri Pakaian Jadi Indonesia Tumbuh 19,59% Periode Januari-November 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/28/ekspor-industri-pakaian-jadi-indonesia-tumbuh-1959-periode-januari-november-2021 Diakses pada 16/05/2022
Melati, R., Sunarya, E., & Jhoansyah, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Internal Dan Strategi Inovasi Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Pada PT. Glostar Indonesia 1 Cikembar). COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 6(1), 55-62.
Pangestu, G. J., & Sunarya, E. (2022). Peran Strategi Rebranding Dan Brand Image Terhadap Keunggulan Bersaing Pada CV. Roughrebel Abadi Sukabumi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(1), 287-295.
Paryanti, R. (2015). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Hotel Resty Menara Pekanbaru). Journal of Chemical Information and Modeling, 2(2), 2–13.
Permata, Zahra Mahria Rossedy (2019) Kinerja Usaha Dibentuk Berdasarkan Diferensiasi Produk Dan Kemampuan Manajemen Pada Sentra Roti Kopo Di Bandung. Other thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Sisca, S., Simarmata, H. M. P., Grace, E., Purba, B., Dewi, I. K., Silalahi, M., ... & Sudarmanto, E. (2021). Manajemen Inovasi. Yayasan Kita Menulis.
Ulpah, M., Sunarya, E., & Ramdan, A. M. (2022). Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-19. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 5(2), 999-1006.