Analisis Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing pada UMKM Kue Kering

Authors

  • Fahmi Hidayahtullah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Erry Sunarya Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Muhamad Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37385/msej.v4i2.1405

Keywords:

Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing. Metode deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuatitatif. Penentuan sempel menggunakan teknik sempel jenuh. Populasi sampel 32 Pemilik UMKM Kue Kering di Kecamatan Cisaat. Pengukuran menggunakan skala semantic differensial dengan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasi dari peneltian ini menunjukkan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing. Selanjutnya inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing. Kontribusi yang diberikan antara orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing dengan interpretasi sangat kuat.

References

Alwi, T., & Handayani, E. (2018). Keunggulan Bersaing UMK Yang Dipengaruhi Oleh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. Pengembangan Wiraswasta, 20(03), 193–202.

Anjaningrum, W. D. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar , Inovasi Dan Kreativitas Produk Terhadap Kinerja Industri Kreatif Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi pada Industri Kreatif yang Tergabung dalam Malang Creative Fusion) Kata Kunci?: Orientasi Pasar , Inovasi Produk , Krea. Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(2), 30–47.

Cahyo, R. J., & Harjanti, D. (2013). Analisa Inovasi Produk Pada Sektor Usaha Formal Dan Informal Di Jawa Timur. Agora, 1(3), 1542–1546.

Danial, R. D. M. (2017). Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Kecil dan Menengah ( Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat ). 13–21.

Esty Pudyastuti, A. S. (2021). Upaya Peningkatan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kota Medan. Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 04, 437–449.

Fatimah, I., & Ida, H. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “ Duren Kamu Pasti Kembali ” di Kota Serang. Riset Bisnis Dan Investasi, 1–9.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Universitas Diponogoro.

Hajar, I. (2019). Manajemen Strategik Konsep Keunggulan Bersaing. Andi.

Priharti, Tati Herlina, N. H. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Usaha Rumah Kreatif PT. Semen Baturaja. 9(1), 45–59.

Rachmatullina, A. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Toko Roti Kabupaten Gresing). Manajerial, 94–100.

Renita Helia, Naili Farida, B. P. (2015). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk sebagai Variabel Antara (Studi Kasus pada IKM Batik di Kampung Batik Laweyan, Solo). Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index., 1–10.

Segara, G. A., Kusmantini, T., & Utami, Y. (2019). Pengaruh Aktivitas Rantai Nilai Terhadap Kualitas dan Inovasi Produk. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 1(3), 191–202. https://doi.org/10.35899/biej.v1i3.71

Simamora, B. (2016). Ruang Lingkup Pemasaran Strategik. 1–61.

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Hidayahtullah, F. ., Sunarya, E., & Ramdan, A. M. (2023). Analisis Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing pada UMKM Kue Kering. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(2), 1373–1379. https://doi.org/10.37385/msej.v4i2.1405